TELECONFERENCE
1. 1. PENGERTIAN TELECONFERENCE
Teleconference
adalah sebuah suatu komunikasi langsung yang dilakukan oleh beberapa orang yang
dihubungkan dengan sebuah sistemkomunikasi, dimana masing-masing audience
posisinya saling berjauhan atau tidak berada dalam satu ruangan tertentu. Jadi teleconference adalah pertemuan yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau
koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference)
atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta
konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana
pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard
yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference
karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau
layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi. Di
Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference
melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai
kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi.
Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa
dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin
kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.
2.
KEGUNAAN TELECONFERENCE
Teleconference, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di
antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan
suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan teleconference memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu.
Telekonferensi dapat berbentuk audio/video.[1] teleconference audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana
seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan
audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang
melalui speaker. Dalam
konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan
saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing
masing.
3. TUJUAN TELECONFERENCE
Untuk
komunikasi yang dilakukan biasanya oleh dua orang atau lebih menggunakan sistem
komunikasi bisa berupa suara (audio) saja atau yang biasa disebut dengan audio
conference atau bisa juga menggunakan sistem video atau audio yang biasa
disebut dengan video conference.
4. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TELECONFERENCE
Keunggulan
teleconference antara lain:
·
Meningkatkan produktivitas karena
kemampuan VTC untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.
·
Menghemat biaya.
·
Menghemat waktu.
Kelemahan telecoference antara lain:
·
Harga masih terbilang mahal untuk
dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai
cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki konferensi video.
·
Alat-alat sulit didapat dan
proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.
5.
SARANA
ATAU PERANGKAT YANG DIGUNAKAN DALAM TELECONFERENCE
Beberapa peralatan teleconference ini antara lain
adalah:
ü Device
atau Perangkat. Tentu saja anda membutuhkannya, bisa tablet, smartphone atau yang umum
dan nyaman digunakan adalah komputer.
ü Perangkat
lunak. Sebelum
melakukan teleconference, kita membutuhkan perangkat lunak (software). Ada
banyak perangkat lunak yang bisa kita gunakan. Di laptop atau komputer, yang
paling populer digunakan adalah Skype. Skype versi mobile juga umum digunakan
di smartphone dan tablet. Selain Skype, ada WhatsApp (untuk ponsel) dan VMEET
(untuk komputer).
ü Koneksi
Internet. Koneksi
internet ini bisa anda dapatkan baik dari LAN, modem dan Wi-Fi atau Hotspot.
Jika anda menggunakan ponsel, maka anda bisa memanfaatkan data seluler atau
Wi-Fi/hotspot.
ü Peralatan
pendukung audio. Jika kita ingin melakukan audio conference, diperlukan peralatan
pendukung audio. Untuk laptop, smartphone dan tablet biasanya sudah menyediakan
sarana audio/suara, baik speaker maupun mikrofon. Namun berbeda dengan PC
desktop yang harus membutuhkan speaker eksternal. Speaker eksternal ini penting
agar kita bisa mendengar suara orang lain yang ada dalam teleconference.
Sementara mikrofon gunakanya agar suara kita bisa di dengar orang lain yang
jadi lawan bicara kita.
ü Peralatan
pendukung video. Jika kita ingin melakukan video conference, selain membutuhkan Peralatan
Pendukung Audio, kita juga memerlukan Peralatan Pendukung Video. Jika anda
menggunakan komputer PC, anda memerlukan webcam. Namun jika menggunakan laptop,
tablet atau smartphone, anda tidak membutuhkannya. Karena tablet, smartphone
dan laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan kamera (kamera depan jika di
smartphone dan tablet).
6.
MACAM-MACAM TELECONFERENCE
1. Audio
Conference (Conference Call)
Audio Conference atau disebut juga conference call adalah percakapan dua atau lebih
partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi
antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).
Dari semua
jenis telekonferensi, Conference
Call paling popular karena memiliki kelebihan sebagai berikut :
- Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.
- Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan.
- Tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi internet yang cepat.
Untuk melakukan
conference call, para
partisipan diharuskan menelepon nomor tertentu yang akan menyambungkan mereka
ke conference bridge (peralatan khusus yang menghubungkan jalur-jalur
telepon yang masuk menjadi satu) yang disediakan oleh provider conference
call. Biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan oleh provider
conference call bagi penggunanya.
Kongkow Conferencing saat ini merupakan salah satu provider conference call di Indonesia, dan berbeda dengan provider lainnya,
pengguna dapat menggunakan fasilitas telekonferensi tanpa perlu melakukan
reservasi / booking. Cukup hanya dengan registrasi satu kali saja, anda dapat
menggunakan kode PIN yang dapat digunakan berkali kali. Kami juga memiliki
paket dasar / paket gratis dimana kami tidak mengenakan biaya apapun juga untuk
penggunaan conference bridge kami.
2. Video Conference
Video conference adalah teknologi komunikasi yang
mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara
simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
Untuk melakukan
video conference dapat
memanfaatkan teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated
Services Digital Network).
Meskipun video conference memiliki
kelebihan dengan adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas
telekonferensi ini masih kurang populer di Indonesia karena beberapa hal
berikut :
- Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)
- Biaya yang relatif mahal
Saat ini video conference lebih banyak
digunakan oleh media televisi dan perusahaan-perusahaan berskala besar.
7.
LANGKAH-LANGKAH DALAM MENGGUNAKAN TELECONFERENCE
Beberapa langkah yang bisa dilakukan :
- Siapkan perangkat, seperti PC, Headset, webcam, dan perangkat lunak Skype sesuai sistem operasinya. Pastikan webcam dan headset kompatibel dengan PC. Biasanya webcam memiliki tool atau utiliti yang bisa digunakan untuk sekedar menguji webcam. Saya kebetulan menggunakan Logitech QuickCam E2500.
- Siapkan account di Skype, atau buat baru account. Jika sekedar lupa password, tidak perlu membuat account baru, cukup manfaatkan link "Lupa Password". Account yang digunakan adalah account gratis dari Skype. Oh ya, sebelum membuat account, download dulu aplikasi Skype-nya di download Skype. Untuk linux download di sini.
- Tentukan lawan teleconference anda, tentunya sesama pengguna Skype.
- Lakukan setting dan konfigurasi aplikasi Skype anda. Perhatikan menu mana saja yang harus diperhatikan, soalnya menunya banyak. Misal untuk setting mic, mau menggunakan mic yang ada di webcam atau mic eksternal.
8. HAMBATAN YANG SERING TERJADI PADA
TELECONFERENCE
1. Monitor sering lemot
2. Menyampaikan informasi tidak tepat
3. Suara kadang tidak jelas
9. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF
DAMPAK POSITIF :
1. Dapat bekerja sama dengan daerah lain
2. Menyampaikan informasi yang tepat
DAMPAK NEGATIF
:
1.
Berkurangnya
interaksi sosial antar konseling dengan konselor secara langsung
2.
Keikhlasan
konselor untuk memberikan layanan secara non formal. Bagi konseli yang
membutuhkan layanan di luar jam sekolah/non formal, dibutuhkan keikhlasan
tersendiri.
3.
Menyampaikan informasi
yang tidak tepat
4.
Keterbatasan
konselor dalam pemahaman lokasi dan lingkungan konseling
10.
GAMBAR TELECONFERENCE
1.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar