Jumat, 31 Maret 2017

ARTIKEL TELECONFERENCE



TELECONFERENCE
1.   1.   PENGERTIAN TELECONFERENCE
            Teleconference adalah sebuah suatu komunikasi langsung yang dilakukan oleh beberapa orang yang dihubungkan dengan sebuah sistemkomunikasi, dimana masing-masing audience posisinya saling berjauhan atau tidak berada dalam satu ruangan tertentu. Jadi teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagi aplikasi. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.  Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.
2.     KEGUNAAN TELECONFERENCE
            Teleconference, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan teleconference memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk audio/video.[1] teleconference audio merupakan salah satu jenis telekonferensi dimana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.
3.     TUJUAN TELECONFERENCE
            Untuk komunikasi yang dilakukan biasanya oleh dua orang atau lebih menggunakan sistem komunikasi bisa berupa suara (audio) saja atau yang biasa disebut dengan audio conference atau bisa juga menggunakan sistem video atau audio yang biasa disebut dengan video conference.






4.     KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TELECONFERENCE
Keunggulan teleconference antara lain:
·         Meningkatkan produktivitas karena kemampuan VTC untuk berbagi dokumen, ide atau gambar dengan mudah.
·         Menghemat biaya.
·         Menghemat waktu.
Kelemahan telecoference antara lain:          
·         Harga masih terbilang mahal untuk dimiliki sehingga hanya perusahaan atau organisasi tertentu yang mempunyai cukup dana dan sangat membutuhkan yang memiliki konferensi video.
·         Alat-alat sulit didapat dan proses penginstalan harus ekstra hati-hati agar tidak salah.

5.      SARANA ATAU PERANGKAT YANG DIGUNAKAN DALAM TELECONFERENCE
Beberapa peralatan teleconference ini antara lain adalah:
ü  Device atau Perangkat. Tentu saja anda membutuhkannya, bisa tablet, smartphone atau yang umum dan nyaman digunakan adalah komputer.
ü  Perangkat lunak. Sebelum melakukan teleconference, kita membutuhkan perangkat lunak (software). Ada banyak perangkat lunak yang bisa kita gunakan. Di laptop atau komputer, yang paling populer digunakan adalah Skype. Skype versi mobile juga umum digunakan di smartphone dan tablet. Selain Skype, ada WhatsApp (untuk ponsel) dan VMEET (untuk komputer).
ü  Koneksi Internet. Koneksi internet ini bisa anda dapatkan baik dari LAN, modem dan Wi-Fi atau Hotspot. Jika anda menggunakan ponsel, maka anda bisa memanfaatkan data seluler atau Wi-Fi/hotspot.
ü  Peralatan pendukung audio. Jika kita ingin melakukan audio conference, diperlukan peralatan pendukung audio. Untuk laptop, smartphone dan tablet biasanya sudah menyediakan sarana audio/suara, baik speaker maupun mikrofon. Namun berbeda dengan PC desktop yang harus membutuhkan speaker eksternal. Speaker eksternal ini penting agar kita bisa mendengar suara orang lain yang ada dalam teleconference. Sementara mikrofon gunakanya agar suara kita bisa di dengar orang lain yang jadi lawan bicara kita.
ü  Peralatan pendukung video. Jika kita ingin melakukan video conference, selain membutuhkan Peralatan Pendukung Audio, kita juga memerlukan Peralatan Pendukung Video. Jika anda menggunakan komputer PC, anda memerlukan webcam. Namun jika menggunakan laptop, tablet atau smartphone, anda tidak membutuhkannya. Karena tablet, smartphone dan laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan kamera (kamera depan jika di smartphone dan tablet).




6.     MACAM-MACAM TELECONFERENCE
1.  Audio Conference (Conference Call)
Audio Conference atau disebut juga conference call adalah percakapan dua atau lebih partisipan dengan menggunakan fasilitas telepon dimana komunikasi yang terjadi antara partisipan hanya dalam bentuk suara (audio).

Dari semua jenis telekonferensi, Conference Call paling popular karena memiliki kelebihan sebagai berikut :
  • Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.
  • Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan.
  • Tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi internet yang cepat. 
Untuk melakukan conference call, para partisipan diharuskan menelepon nomor tertentu yang akan menyambungkan mereka ke conference bridge (peralatan khusus yang menghubungkan jalur-jalur telepon yang masuk menjadi satu) yang disediakan oleh provider conference call. Biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan oleh provider conference call bagi penggunanya.
Kongkow Conferencing saat ini merupakan salah satu provider conference call di Indonesia, dan berbeda dengan provider lainnya, pengguna dapat menggunakan fasilitas telekonferensi tanpa perlu melakukan reservasi / booking. Cukup hanya dengan registrasi satu kali saja, anda dapat menggunakan kode PIN yang dapat digunakan berkali kali. Kami juga memiliki paket dasar / paket gratis dimana kami tidak mengenakan biaya apapun juga untuk penggunaan conference bridge kami.
2. Video Conference
Video conference adalah teknologi komunikasi yang mengijinkan terjadinya komunikasi dari beberapa lokasi yang berbeda yang secara simultan dapat mengirimkan gambar video dan suara.
Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated Services Digital Network).
Meskipun video conference memiliki kelebihan dengan adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas telekonferensi ini masih kurang populer di Indonesia karena beberapa hal berikut :
  • Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video camera atau webcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) dan audio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)
  • Biaya yang relatif mahal
Saat ini video conference lebih banyak digunakan oleh media televisi dan perusahaan-perusahaan berskala besar.


7.     LANGKAH-LANGKAH DALAM MENGGUNAKAN TELECONFERENCE
                Beberapa langkah yang bisa dilakukan :
  1. Siapkan perangkat, seperti PC, Headset, webcam, dan perangkat lunak Skype sesuai sistem operasinya. Pastikan webcam dan headset kompatibel dengan PC. Biasanya webcam memiliki tool atau utiliti yang bisa digunakan untuk sekedar menguji webcam. Saya kebetulan menggunakan Logitech QuickCam E2500.
  2. Siapkan account di Skype, atau buat baru account. Jika sekedar lupa password, tidak perlu membuat account baru, cukup manfaatkan link "Lupa Password". Account yang digunakan adalah account gratis dari Skype. Oh ya, sebelum membuat account, download dulu aplikasi Skype-nya di download Skype. Untuk linux download di sini.
  3. Tentukan lawan teleconference anda, tentunya sesama pengguna Skype.
  4. Lakukan setting dan konfigurasi aplikasi Skype anda. Perhatikan menu mana saja yang harus diperhatikan, soalnya menunya banyak. Misal untuk setting mic, mau menggunakan mic yang ada di webcam atau mic eksternal.
8.     HAMBATAN YANG SERING TERJADI PADA TELECONFERENCE
1.     Monitor sering lemot
2.     Menyampaikan informasi tidak tepat
3.     Suara kadang tidak jelas
9.     DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF
DAMPAK POSITIF :
1.      Dapat bekerja sama dengan daerah lain
2.      Menyampaikan informasi yang tepat

DAMPAK NEGATIF  :
1.          Berkurangnya interaksi sosial antar konseling dengan konselor secara langsung
2.         Keikhlasan konselor untuk memberikan layanan secara non formal. Bagi konseli yang membutuhkan layanan di luar jam sekolah/non formal, dibutuhkan keikhlasan tersendiri.
3.         Menyampaikan informasi yang tidak tepat
4.         Keterbatasan konselor dalam pemahaman lokasi dan lingkungan konseling








10.             GAMBAR TELECONFERENCE
1.      









                                                                                           





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar